Peran peer educator dalam upaya peningkatan imunitas tubuh remajadi masa pandemi COVID melalui penyuluhan gizi seimbang

  • Fatmalina Febry FKM Unsri
  • Asmaripa Ainy Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya
  • Fenny Etrawati Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya
Kata Kunci: Peer Educators, Imunitas Tubuh, Gizi Seimbang, Remaja

Abstrak

Penerapan Gizi Seimbang sangat penting dalam menghadapi pandemi COVID-19. Diharapkan remaja dapat menerapkan gizi seimbang pada situasi saat ini agar tubuh tetap sehat dan meningkatkan imunitas tubuh. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang Penerapan Gizi Seimbang untuk mendukung kekebalan tubuh di masa pandemi Covid 19. Sasaran kegiatan ini adalah remaja SMPIT Bina Ilmi Palembang yang terdiri dari 5 orang peer educator dan 38 peserta remaja. Kegiatan ini terdiri dari dua tahap yaitu pelatihan peer educator dan penyuluhan gizi kepada remaja oleh peer educator. Peer educator dipilih oleh pihak sekolah kemudian diberikan pelatihan mengenai gizi seimbang dan hubungannya dengan imunitas tubuh. Kemudian peer educator memberikan penyuluhan pada remaja dan melakukan pretest dan postest. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan baik peer educator maupun remaja setelah mendapatkan pelatihan. Perlu diadakannya pelatihan gizi seimbang dan imunitas tubuh secara berkala agar pengetahuan remaja semakin baik sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh remaja.

Diterbitkan
2024-07-21